DUA HARI DI KANTOR GUBERNUR

Sebagai orang yang menjunjung tinggi masyarakat pengangguran, sebenarnya nganggur itu nyaman, tidur tanpa dikejar jam kerja, waktu penuh leha-leha, seharian jagain kasur, malam nemenin nyamuk bergadang, dan paginya mengalahkan ayam yang bangun duluan.

Berhari-hari jadi pengangguran saya lewati, berhari-hari pula saya terbiasa dengan yang namanya kurang duit, tidak pernah olahraga, nulis suka-suka, lama-lama nongkrong dalam WC dan waktu serasa amat bersahabat.

Tapi setelah kejadian itu, kajadian yang sulit dan bahkan terbayang pun tidak pernah sama sekali. Hari dimana saya bisa goyang-goyang sendirian atau nangis sesungguh-sungguhnya. Hari permulaan setelah saya pensiun dari pengangguran adalah gara-gara sahabat saya, M. Ali Furqan menawarkan kerjaan.

"Akhirnya saya kerja" Pikirku. Padahal waktu itu belum tentu saya di terima. "Setidaknya saya punya pikiran untuk bekerja" Pikirku maksa lagi. Padahal belum tentu kerjaan itu butuh saya. 

Setelah diskusi dengan panjang-panjang dengan Bapak Jumri, S.Ag yang merupakan Kepala Sub Bagian Publikasi dan Penerbitan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, esoknya saya disuruh melengkapi berkas lamaran. Saya pun lengkapi meski sepanjang jalan dari Banjarmasin ke Banjarbaru hujan. Ahim memang selalu menjadi penolong bagi saya. 

Jam 3 saya sampai, dan bertemu lagi dengan beliau, setelah beliau buka-buka berkas saya "Kamu bisa masuk senin depan" komentarnya. Antara bahagia dan bahagia memang sulit dibedakan.

Hari Pertama Kerja
Entah dulu saya punya cita-cita apa, tapi sekuat ingatan mengingat, saya tak punya cita-cita yang pasti, cita-cita saya sangat dinamis, kondisional, dan bahkan kadang hidup tanpa cita-cita sama sekali.

Hari pertama masuk kerja kayak akhwat pertama kali makai cadar, saya bingung, selain kantor Gubernur emang gede, saya tambah bingung mau parkir dimana. Saya pun naik lantai 3 tempat yang bakalan jadi kantorku. 

Masuk ruangan saya disambut senyuman, ramah, apalagi Pak Jumri. Tapi saking ramahnya saya sedikit kurang tenang, terusik, dan kesel karena dalam ruangan tersebut banyak AC. Maklum seumur-umur gak pernah saya pakai AC full seharian. 

Siang waktu dzuhur, saya ke kamar mandi niatnya mau ambil wudhu' ternyata pas masuk malah tempat kencing semua. Sebagai orang yang gak alim-alim amat, saya bingung dong. 

Setelah muter digedung yang masyaallah besarnya ini hanya karena pengen wudhu' akhirnya saya nyerah. Saya capek. Saya pun berniat istirahat saja dalam mushollah, ternyata dengan santainya tempat wudhu'nya dalam mushollah. "Yaudah ini kan hari pertama, maklum" kataku sambil ngelus-ngelus pintu.

Seharian dalam ruangan yang penuh AC membuat kulit saya nampak uring-uringan, di meja kantor saya pengen tidur saja seharian. Saya jadi teringat waktu-waktu kemarin yang masih nganggur, kerjaannya ya gak punya kerjaan. Tapi saat sekarang saya dihadapkan dengan dunia kerja.

Dua hari tidak sempat nulis karena saya ngantor bolak-balik Banjarmasin-Banjarbaru, rasa ada yang janggal dalam kantor, seakan hariku kurang vitamin. Kurang protein. Kurang kasih sayang. Haha..

Hari pertama kerja, saya selalu berpikir, apa jadinya saya kedepan, blog saya kedepan, nyantai saya kedepan, tidur saya kedepan, padahal di depan kita hanya bisa menerka-nerka.

Hari Kedua Kerja
Hari kedua masuk kerja saya bukan cuma bingung tapi pusing. Pertama saya telat masuk kantor, ditambah saya salah masuk ke kantor orang. "Harap maklum" kata hatiku.

Parkir kendaraan ditempat parkir karyawan membuat saya bingung lagi, parkiran masyaallah besarnya membuat saya bingung mau naik disebelah mana, mau naik lif ternyata dalam perbaikan. Akhirnya saya pilih naik tangga, dan ternyata saya salah tangga hingga saya salah masuk kantor.

Saya balik lagi ke parkiran dan mencoba naik tangga satunya. Saya pun naik lantai ke 2 yang sudah saya tahu betul jalannya. Ternyata saya malah masuk kantor satpol PP. Balik lagi sambil mikir, ternyata kantorku di lantai 3. Busyet salah belok tadi rupanya. Akhirnya saya pun nyampe kantor dengan genap keterlambatan 30 menit karena banyak muter-muternya.

Lega, setelah masuk disambut ceria. Tapi kayaknya hari kedua ngantor ini sedikit beda dengan  yang kemarin. Hari ini dalam kantor mbak-mbak dan mas-mas sedikit usil ke saya "Mahfud sekarang masih pendiem, 2-3 bulan aslinya bakalan kelihatan" Kata Mbak yang saya sendiri belum tahu namanya. Dalam hati saya cuma berbisik "Sebenarnya saya masih pakai topeng".

Tapi untuk hari ini terasa menyenangkan, karyawan disini malah membully saya biar makan, biar gak jajan diluar katanya. Tapi saat seperti ini saya jadi ingat temen-temen, terutama mereka yang menyiapkan acara kawinan.

Hari Ketiga Kerja
Apa kabar skripsiku? 

Post a Comment

0 Comments